Friday, March 24, 2006

Problem dengan Blogger/Blogspot

Akhir-akhir ini, entah kenapa saya merasa performance server-nya Blogger/Blogspot udah jauh menurun. Terutama terasanya pas sore/malam waktu Singapura, atau pagi/siang waktu US. Anehnya, saya jarang mengalami problem yang sama pas pagi/siang waktu Singapura, atau malam waktu US. Ndak tau apa karena semakin banyak blog yang di-host di blogspot jadi mempengaruhi performance-nya?

Problem yang saya alami: lambat mengakses blog-blog saya, lama banget baru webpage-nya keluar. Terus juga lambat pas mau ngupdate blog atau bikin posting baru di blogger.com. Tapi, yang paling nyebelin adalah pas mau masukin gambar. Setelah saya klik "Add Image", pilih gambar yang mau diupload dan klik "Upload Image", kadang-kadang saya cuma melihat halaman kosong di pop-up-nya, ndak ada icon "Done"-nya. Kalaupun icon "Done" keluar, pas udah saya klik, ternyata gambarnya ndak muncul. Nyebelin banget.

Dan kalo udah begitu, biasanya problemnya bakal terus begitu. Musti dicoba terus berkali-kali untuk nambahin image, dan itu pun belum tentu berhasil. Kadang, kalo udah nyerah, saya ketik teks-nya dulu terus disimpan sebagai Draft, dan tunggu sampai besoknya (pagi-pagi biasanya problemnya ngilang) baru saya tambahin gambarnya terus saya publish.

Saya sih sebenarnya udah lama mikir untuk pindah ke provider lain, terutama yang berbasis Wordpress seperti blogsome.com. Tapi hingga saat ini, saya masih belum mau pindah dulu, dan masih pengen setia ke Blogspot. Tapi ngga tau juga, kalau problem-nya kayak gini terus, saya mungkin ndak tahan juga dan akhirnya akan pindah ke provider blog lain.

Apakah ada rekan-rekan lain yang mengalami problem yang sama?

Versi Bahasa Inggris dari artikel ini bisa dilihat disini.

7 comments:

Fortuna said...

Yupe! Saya juga ngalamin! Jadi males posting... Karena lama dan tau2 udah nulis panjang2 di-reject!
Kesal!

Anonymous said...

Terima kasih atas masukannya. Masih pikir2 mo pindah ke tempat laen, sayang... :)

Anonymous said...

Ya sudah, pindah ke Wordpress saja, Indra. Hehehe... tapi sayang template-nya gak bisa diutakatik. Itu makanya aku masih setia sama blogsome. Demen bgt sama plugins-nya.

Anonymous said...

Justru itu Mbak Han, wordpress.com bisa import dari Blogger tapi ngga bisa edit template. Blogsome bisa edit template tapi ngga bisa import dari Blogger. Mau pindah, sayang. Akhirnya masih juga "setia" ama blogspot, despite the problems... :P

ambaradventure said...

he he saya juga setia dengan blogspot, mungkin karena simple managementnya. Saya cuba blogsome agak tertatih dan mengurangi kesukaan sy gonta-ganti template. Untuk ngurangi jutek posting, biasanya saya di words dulu sekalian buat backup.

Anonymous said...

Ambar: terima kasih atas masukannya. :)

Andrew n Susan said...

betul...tahun ini juga sedang payah blogger...lambat sekali dan add image ga bisa di pake..