Sunday, March 19, 2006

Mal-mal baru di seputar Jakarta

Sudah lama saya tidak berkunjung ke daerah-daerah tertentu di Jakarta, daerah yang biasa sering saya kunjungi dulu waktu masih tinggal di Jakarta. Yah, mau bagaimana lagi, sudah hampir 6 tahun terakhir ini saya dan keluarga bermukim di Singapura, sehingga kalaupun kita pulang ke Jakarta, ya paling waktunya sering kita gunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Jadi, mana sempat bisa ke tempat-tempat lain di Jakarta, sebuah kota besar yang terkenal dengan kemacetannya, membuat perjalanan dari satu ujung daerah ke ujung daerah lain bisa berjam-jam.

Waktu kemarin seminggu di Jakarta, saya berkesempatan melewati daerah yang sering saya kunjungi waktu masa kuliah dulu: Margonda, Depok. Kebetulan saya ada tugas mengantar mertua ke kantor walikota Depok dalam acara ramah tamah dan briefing untuk para calon haji dari kotamadya Depok, termasuk ibu mertua saya yang memang berniat untuk menunaikan ibadah haji akhir tahun ini. Wah, kaget saya melihat perkembangan daerah Margonda Depok dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya beberapa ratus meter dari kampus lama saya, berdiri megah sebuah mall baru, Depok Town Square, disingkat "Detos". Di seberangnya, sedang dibangun mall baru yang juga sudah hampir jadi, dan tidak kalah megahnya dengan Detos. Walah, Mal Depok yang lebih tua, yang memang sudah ada waktu saya dulu sering kesana, jadi kalah megah. Mendekati kantor walikota, saya kembali dikejutkan dengan satu lagi bangunan shopping mall megah tepat di sebelah terminal bus Depok, ITC Depok dengan Carrefour-nya.

Saya dan Irza mempunyai waktu sekitar dua jam sambil menunggu sesi meeting-nya ibu mertua saya. Akhirnya saya memilih untuk berkunjung ke Depok Town Square (gambar kiri). Mal ini besar sekali, tapi sayangnya kebanyakan unit-nya masih kosong, mungkin karena masih baru. Di lantai basement ada hypermart Matahari, sementara di lantai dasar dan lantai satu ada beberapa toko dan restoran. Semakin keatas, semakin sepi, terlihat dari semakin banyaknya unit yang masih tutup.

Sedikit lebih dekat ke rumah orang tua saya di Cinere, juga ada sebuah shopping mall baru di kawasan Lebak Bulus. Namanya Poins Square (gambar kanan), dengan anchor tenant-nya hypermart Giant, lokasinya tepat berhadap-hadapan dengan hypermart Carrefour yang dibangun lebih dulu. Benar-benar merupakan persaingan dua hypermart besar di lokasi yang berdekatan. Poins Square juga lumayan besar, mungkin hampir sama besarnya dengan Depok Town Square, dan unit-unit-nya lebih banyak terisi.

Selain itu, shopping mall yang sebenarnya tidak terlalu baru namun baru sempat saya kunjungi kemarin adalah Pondok Indah Mall (PIM) 2, sebuah shopping mall baru yang lokasinya berseberangan dengan PIM 1, dan dihubungkan dengan dua jembatan penghubung. Dibandingkan Poins Square dan Depok Town Square yang lebih untuk kelas menengah kebawah, PIM 2 ini lebih untuk kelas atas. Toko-tokonya kelas mahal semua, restoran juga mahal-mahal, jadi inget Ngee Ann City (Takashimaya) kalo di Singapura. Yang worth visiting disana paling yah food court-nya aja, dari Soto Betawi, Sari Ratu sampai Fiesta Steak dan KFC ada semua, lengkap!

Pada akhirnya, ya selama liburan di Jakarta pun, kebanyakan acaranya ya, ke mal lagi, ke mal lagi. Yealah, apa ndak bosen ya? :)

Versi Bahasa Inggris dari artikel ini bisa dilihat disini.

No comments: