Sunday, March 05, 2006

Kent Ridge Park

Hari Sabtu (4/3) pagi kemarin, saya mengajak Irza ke Kent Ridge Park untuk bersepeda, sekaligus sedikit "exercising" (dalam tanda kutip). :P Taman ini lokasinya dekat dengan rumah kami yang dulu, Normanton Park, dan dekat dengan kantor saya di Science Park.

Ada beberapa jalan masuk ke dalam taman ini. Kalau Anda naik taksi atau mobil, Anda bisa masuk melalui Vigilante Drive, dari South Buona Vista Road dan bisa langsung ke tempat parkir di puncak bukit di tengah-tengah taman. Anda juga bisa masuk ke taman ini melalui Pepys Road dan bisa langsung masuk ke taman melalui canopy walk (boardwalk) di dekat museum Reflections at Bukit Chandu. Jalan alternatif lain untuk masuk ke taman ini adalah melalui ujung jalan Science Park Drive (kompleks Science Park I) atau melalui pintu belakang kompleks apartemen Normanton Park.

Karena tujuan kita adalah untuk bersepeda, kita langsung ke tempat parkiran yang terletak di atas bukit. Tepat disamping tempat parkir B disana, adalah tugu peringatan Perang Dunia Kedua, dengan sebuah tank dipajang disana (lihat gambar kiri). Dari tempat yang terletak di atas bukit itu, kita bisa melihat ke arah laut, terlebih dari lookout point yang terletak lebih tinggi lagi dari tempat parkiran tersebut.

Dari sana, Irza bersepeda ke arah canopy walk. Dalam waktu 5-10 menit, kita sudah sampai di ujung canopy walk tersebut. Ada pengumuman bahwa sepeda tidak boleh dinaiki, tapi harus didorong, pada saat melewati canopy walk yang ternyata cukup panjang itu. Jembatan boardwalk itu membentang melewati hutan di kaki bukit Kent Ridge Park, sehingga kita bisa menikmati pemandangan pohon-pohon dari atas tanpa harus capek naik turun tangga atau bukit yang terjal (lihat gambar kanan). Yah, lumayan itung-itung versi kecilnya dari TreeTop Walk yang di MacRitchie Reservoir Park.

Canopy walk tersebut berakhir di ujung jalan Pepys Road, tepat banget di depan museum Reflections at Bukit Chandu (lihat gambar kiri). Museum ini dibangun untuk memperingati pengorbanan tentara Melayu Singapura yang lebih memilih mati daripada tunduk kepada pasukan Jepang yang mulai menyerbu dan menguasai daerah Singapura pada bulan Februari 1942. Karena memang tujuan kita kesana untuk bersepeda dan exercise, dan bukan untuk mengunjungi museum, kita akhirnya cuma ngeliat dari luar-nya aja dan tidak masuk ke dalam.

Dari sana, kita kembali melewati canopy walk dan kembali menuju puncak bukit Kent Ridge Park. Sempet naik ke atas lookout-point nya dan bikin beberapa foto (contoh foto dari lookout point di sebelah kanan), sebelum akhirnya kembali ke parkiran dan pulang ke rumah. Foto-foto Irza lainnya di Kent Ridge Park bisa dilihat disini.

Sebelum pulang ke rumah, kita nyempetin mampir ke Queensway Shopping Centre untuk sarapan di McDonalds. Seperti biasa, Irza memesan big breakfast favorit-nya, walaupun sempet juga nyobain hotcakes punya saya. :) Foto-foto Irza di McDonalds Queensway Shopping Centre bisa dilihat disini.

Versi Bahasa Inggris dari artikel ini bisa dilihat disini.

3 comments:

pinto said...

Hi there... Nice to read about your Saturday visit to Kent Ridge Park. My Bahasa Malaysia is not terrific, so understanding your post was almost beyond my ability.

Do go visit Reflections at Bukit Chandu if you have a chance! There's a lot more to Kent Ridge than meets the eye.

pinto said...
This comment has been removed by a blog administrator.
IndraPr said...

Hi Kenneth, thanks for visiting. Actually there's an English version of the post here.

Yes, I will surely visit the Reflections at Bukit Chandu when I have the chance.