Friday, April 14, 2006

BlogMap

Saya mengunjungi blog-nya Eko Juniarto dan tertarik dengan BlogMap yang dipajang di blognya. BlogMap tersebut menampilkan peta daerah lokasi blogger tersebut, dan blogger-blogger lain yang berlokasi di daerah yang sama.

Fitur BlogMap itu disediakan oleh Feedmap, jadi saya coba mengunjungi website-nya Feedmap, untuk mencari tahu bagaimana caranya saya bisa mendapatkan BlogMap sendiri. Namun ternyata penjelasan yang ada di website tersebut kurang jelas bagi seorang beginner seperti saya :), walaupun ada bagian "How Can I..."-nya, tetep aja saya bingung, dari mana saya harus memulai.

Kemudian, saya menemukan step-by-step guide yang cukup komprehensif mengenai cara untuk membuat BlogMap sendiri (dalam bahasa Inggris). Guide ini ditulis oleh seorang blogger asal Malaysia, Kuan Cheen. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kuan Cheen, saya melihat bahwa sebenarnya hanya lima langkah utama yang dibutuhkan:

1. Menentukan geo-tag lokasi kita;
2. Masukkan geo-tag tersebut ke template blog kita;
3. Daftarkan geo-tag tersebut ke BlogMap;
4. Dapatkan script untuk menampilkan BlogMap tersebut; dan
5. Masukkan script tersebut ke template blog kita.

OK, jadi pertama-tama, saya harus mendapatkan geo-tag untuk lokasi saya. Geo-tag itu adalah sebuah tag berisikan nilai latitude dan longitude dari lokasi kita, dalam bentuk desimal. Kuan Cheen menyarankan beberapa situs untuk kita menentukan nilai latitude dan longitude lokasi kita, dan saya memilih Multimap. Dengan melakukan browsing ke peta yang telah disediakan, kita bisa mendapatkan secara tepat nilai latitude dan longitude yang kita perlukan untuk menyiapkan geo-tag tersebut. Geo-tag untuk lokasi saya adalah sebagai berikut:


<meta name="ICBM" content="1.343, 103.7693" />
<meta name="geo.position" content="1.343;103.7693" />


Perlu diketahui bahwa geo-tag di atas itu adalah untuk lokasi saya. Untuk lokasi Anda, silahkan cek sendiri melalui Multimap.

Langkah berikutnya, saya harus menyimpan geo-tag tersebut di tempate blog saya. Saya menggunakan Blogger, sehingga saya hanya tinggal mengedit template saya dan memasukkan kedua baris geo-tag tersebut di bawah baris <$BlogMetaData$>. Saya kemudian menyimpan template-nya dan melakukan republish. Walaupun Anda tidak menggunakan Blogger, Anda seharusnya tidak akan mempunyai masalah untuk melakukan hal ini, selama provider blog Anda menyediakan option untuk mengedit template blog Anda.

Setelah itu, saya harus mendaftarkan blog saya (yang sudah dilengkapi dengan geo-tag tersebut) ke BlogMap disini. Saya tinggal memasukkan URL blog saya dan klik "Submit Blog!". Setelah blog saya terdaftar, saya akan mendapatkan kode-nya untuk saya menampilkan BlogMap tersebut di blog saya.

Setelah kode-nya saya dapatkan, saya tinggal mengedit template blog saya lagi, menyimpan template tersebut dan melakukan republish lagi. Dan hasilnya adalah BlogMap yang bisa Anda lihat di bagian sebelah kanan blog ini.

Sebenarnya, cukup mudah. Silahkan Anda mencoba sendiri. :)

[English version]

4 comments:

Coni said...

punten ah...mo saya link balik ya... have a nice weekend

IndraPr said...

Silahkan di-link balik Teh. :)

Dhonatneth said...

met kenal ndra, bagian IT juga yah... samaaa dong... cuman kalo dirumah, saya merangkap juru masak. andai masak bisa pake komputer... tuinggg... foto makanan jadi real... hahahha.

IndraPr said...

Met kenal juga. :) Hati-hati komputernya jangan sampai kemasak... :D :D