Thursday, May 04, 2006

Tips dan Trick ke Singapura lewat Batam

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis pengalaman saya dan keluarga waktu pulang ke Jakarta melalui Batam, dan kemudian pulang kembali ke Singapura melalui jalur yang sama. Tulisan tersebut bisa dibaca disini, disini, disini dan disini. Ternyata, banyak juga yang membaca artikel tersebut dan menghubungi saya, baik melalui e-mail, YM ataupun shoutbox, untuk minta lebih banyak informasi.

Akhirnya saya coba rangkumkan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan ditambah dengan masukan yang saya ambil dari pengalaman saya sendiri, menjadi sebuah artikel tips dan trick untuk pergi ke Singapura melalui Batam. Artikelnya bisa dilihat disini (bagian 1) dan disini (bagian 2).

Semoga bermanfaat. :)

6 comments:

dian mercury said...

cuma 500 ribu fiscalnya hehehhe tiket pesawat juga murah

IndraPr said...

Dian: betul. Makanya sekarang makin banyak orang Indonesia yang ke Singapura lewat Batam. Saya dan keluarga aja sekarang kalau ke Jakarta suka lewat Batam, soalnya jauh lebih murah. :)

BundaZidan&Syifa said...

Murah sih.. tapi saya tiap pulang kampung selalu bawa seisi warung di Jakarta, jadi males kalo mesti lewat Batam.. hehehe..

IndraPr said...

Inong: selama kuat ngangkatnya sih harusnya tidak masalah. :) Atau pulang ke Jakarta-nya lewat Batam, sementara balik Singapura-nya langsung. :)

Jeng Ungu said...

iya gua jg sama kaya Inong.. kalo pulank ke Indo suka bawa banyak barank jadi kardus menumpuk n berat2...

kalo mao ke Sgp, wuihh... titipan emak gua banyak banged, ga overweight aja uda sukur...

padahal pengen deh lewat Batam... tapi tangan ga kuad angkat beban hehehe

IndraPr said...

Yulie: iya lah kalau banyak bawaan mah pasti repot lewat Batam. BTW, memangnya ada penerbangan langsung dari Batam ke Medan? :)