Sunday, August 20, 2006

Singapore Science Centre and Sentosa

Hari Rabu, 9 Agustus 2006, adalah hari kemerdekaan Singapura (National Day). Hari libur, tentu saja. :) Kesempatan itu saya manfaatkan untuk membawa Inka dan Irza ke Singapore Science Centre, yang terletak di Jurong East, tidak jauh dari stasiun MRT Jurong East dan tepat di sebelahnya Snow City. Tujuan kita kesana adalah untuk melihat exhibition dinosaurus, yang akan berakhir bulan ini.

Sesampainya disana, ternyata kita ketemu dengan keluarga Tante Shinta dan Tante Hany, yang sedang makan di outlet McDonalds disana. Saya sedang menemani anak-anak bermain di Kinetic Garden ketika samar-samar saya mendengar nama saya dipanggil. Saya lihat, kelihatan seseorang mirip Om Wisnu (suaminya Tante Shinta) yang memanggil saya, tapi saya heran kok dia ditemani dua orang anak nyamperin saya (padahal anaknya Om Wisnu kan cuma satu, Aidan). Jadi pertamanya saya agak ragu-ragu juga untuk membalas sapaan (atau tepatnya "panggilan jarak jauh") tersebut *hahaha*.

Setelah saya lihat lebih dekat, ternyata anak yang satunya lagi adalah Hanan, putrinya Tante Hany dan Om Iwan. Walah, ngga nyangka kalau orang Sengkang dan Braddell pun ternyata kopdarannya bisa jauh-jauh ke Jurong East, hahaha. Inka dan Irza pun menyempatkan diri bermain bersama Aidan dan Hanan di Kinetic Garden itu, walaupun cuma sebentar karena keluarga Tante Shinta sudah bersiap-siap untuk melihat exhibition dinosaurus terus pulang, sementara keluarga Tante Hany juga terus melanjutkan perjalanan ke tempat lain.

Kita kemudian membeli tiket masuk ke Singapore Science Centre. Biaya tiket masuknya adalah $6 (dewasa) dan $3 (anak-anak), tapi karena kita juga ingin mengunjungi exhibition dinosaurusnya, biaya tiketnya menjadi $10 (dewasa) dan $8 (anak-anak). Exhibition tersebut menampilkan beberapa kerangka dinosaurus dengan ukuran aslinya yang sangat besar, ditambah beberapa kerangka/fosil dinosaurus lainnya, dan juga fosil jejak kakinya. Juga ada beberapa permainan puzzle yang berhubungan dengan pengetahuan dinosaurus, dan permainan ini menjadi favorit-nya Inka dan Irza.

Kita menyempatkan diri ke section Energy dari Singapore Science Centre, sebelum akhirnya ke section Water Works, tempat terbuka dimana anak-anak bisa bermain air sekaligus belajar. Saya memang tidak menyiapkan pakaian renang untuk mereka, sehingga pada akhirnya mereka berbasah-basah dengan menggunakan pakaian mereka sendiri. Untung saya membawa pakaian ganti mereka. Foto-foto selama di Singapore Science Centre bisa dilihat disini.

Malamnya, saya (sendiri, tidak bersama istri dan anak-anak) ikut acara karaoke session gathering Indo-Sing di KBOX Cineleisure Orchard, lantai 8, bersama Ichan, Muda Ikhsan, Edy Panyun dan beberapa rekan lainnya. Liputan lebih lengkapnya, termasuk video dan foto-fotonya, bisa dilihat disini.

Hari Sabtu, 12 Agustus 2006, kita pergi mengantar istri ke The Concourse Shopping Mall, di daerah Beach Road, untuk berburu bahan keperluan pesta untuk acara ulang tahun Irza yang akan dilangsungkan minggu depan. Di lantai dua gedung yang bentuknya cukup unik tersebut memang cukup banyak toko-toko yang menspesialisasikan untuk menjual barang-barang keperluan pesta dengan harga yang cukup murah. Sementara istri asyik berbelanja, saya membawa Inka dan Irza ke jembatan yang menghubungkan shopping mall tersebut dengan office towernya, dan foto-foto disana. Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Besoknya, hari Minggu tanggal 13 Agustus 2006, di hari sore yang cukup nyaman (tidak panas terik, tapi juga tidak hujan), saya membawa Irza dan sepedanya ke Sentosa, untuk bersepeda dan sedikit berolahraga. Saya membeli Family Islander Card yang memungkinkan seluruh keluarga bisa masuk gratis ke Sentosa untuk setahun. Biasanya, harga islander card ini adalah $50, tapi karena sedang ada promosi Singapore National Day, harganya cuma $41. Lumayan. :)

Irza kemudian bersepeda di sepanjang pantai Palawan, yang baru saja direnovasi. Lumayan, sekarang fasilitas pantai Palawan cukup lengkap, dengan food court, beberapa restoran, dan amfiteater yang menyajikan atraksi binatang setiap jamnya. Kita juga menyeberangi jembatan gantung ke sebuah pulau kecil yang dikenal dengan nama "The Southernmost Point of the Asia Continent", atau titik paling selatan dari benua Asia. Jembatan gantung itu cukup panjang melewati sebuah selat kecil, yang pantainya bisa direnangi di kedua sisinya. Juga ada children playground dimana Irza juga asyik bermain.

Setelah asyik bersepeda, kita kemudian naik beach tram ke pantai Siloso, dan naik Skyride (chairlift) ke atas bukit Imbiah Lookout. Dari sana, kita naik luge (semacam toboggan) turun kembali ke pantai Siloso. Tidak lama disana, kita terus naik tram ke Underwater World, dan dari sana kita naik bis tingkat berwarna hijau (green line), ke Ferry Terminal. Irza senang sekali menikmati pemandangan dari atas bis tingkat dengan atap terbuka itu.

Tujuan kita adalah atraksi Musical Fountain yang akan dimulai pada jam 7:40 sore, tapi ternyata tempat amfiteaternya sudah penuh, padahal waktu itu masih sekitar jam 7 sore. Akhirnya kita kembali ke bus stop di Ferry Terminal, naik bus blue line kembali ke tempat parkir (setelah berganti bus di Merlion), terus pulang ke rumah. Foto-foto selama di Sentosa bisa dilihat disini.

Dhonatneth said...

ngak pernah neh ke singapore science center... kelihatannya bagus ... buka-nya hari sabtu minggu ajah yah ndra? ngomong2 pernah ke snow citynya ngak?

Anonymous said...

Buka tiap hari kecuali Senin atau Selasa kalo gak salah, Dhon. Udah pernah juga ke Snow City dulu.