Tuesday, August 29, 2006

Central Fire Station dan Bazaar KBRI Singapura

Central Fire Station

Setiap hari Sabtu, semua fire station (kantor pemadam kebakaran?) di Singapura mengadakan Open House untuk umum, sehingga semua pengunjung bisa datang dan mengunjungi semua fasilitasnya, termasuk mobil pemadam kebakarannya, tentu saja. Jadi, pada hari Sabtu, tanggal 19 Agustus 2006, saya membawa Inka dan Irza ke Central Fire Station di Hill Road, tepat di seberangnya Funan the IT Mall.

Kita janjian untuk ketemuan sama Uncle Eric dan Aunty Natalia, yang juga datang kesana bersama kedua anak mereka, Nigel dan Ernest, serta beberapa kerabat mereka yang jauh-jauh datang dari Hong Kong. Disana, Inka dan Irza mencoba naik mobil pemadam kebakaran (yang gede maupun yang kecil), dan ikut naik tangga yang digunakan petugas pemadam kebakaran untuk menyemprot air ke gedung-gedung yang tinggi.

Setelah puas bermain disana, kita mengunjungi museum Civil Defence Heritage Gallery yang terletak di sebelah kompleks fire station tersebut. Disana, kita bisa melihat sejarah perkembangan tim pemadam kebakaran Singapura (yang sekarang tergabung dalam Singapore Civil Defence Force), dari mulai awal berdiri hingga sekarang, berikut mesin-mesin dan mobil pemadam kebakaran yang digunakan.

Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Raffles City

Malamnya, kita jalan-jalan ke Raffles City. Shopping mall besar ini terletak di tengah-tengah kota Singapura, pas di atas stasiun MRT City Hall. Kita kesana untuk mengunjungi lantai basement shopping center tersebut, yang baru saja selesai direnovasi. Lumayan bagus ambience-nya, ada beberapa restoran dan cafe baru disana, dengan sebuah hall kecil dengan sebuah group band yang menyediakan live music, dan orang yang membuatkan balon untuk anak-anak. Oh iya, toko buku MPH yang tadinya ada di lantai atas juga pindah kesini.

Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Bazaar KBRI Singapura

Keesokan harinya, tanggal 20 Agustus 2006, kita sekeluarga berkunjung ke acara bazaar dan panggung gembira KBRI Singapura di Chatsworth Road. Acara ini diadakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-61. Kita datang sekitar jam 11 siang, dan kompleks KBRI pada saat itu sudah penuh dengan orang Indonesia, baik para ekspatriat maupun para pembantu rumah tangga yang bekerja di Singapore. Masuk pintu gerbang pun harus antri. Disana terpampang pengumuman bahwa hanya orang Indonesia yang diperbolehkan masuk. Wah, berarti orang Singapura dan orang asing tidak diperbolehkan masuk.

Sesampainya disana, kita langsung mengunjungi kios Kedai Ibu-nya Tante Ellen, yang merupakan "kios mini" dari stall Kedai Ibu di Tanjong Pagar Complex. Kita membeli nasi gudeg dan sate padang untuk makan siang. Kita juga membeli beberapa kue-kue khas Indonesia dari kios yang sama, dan juga membeli teh kotak sosro dari kios Gerizimindo-nya Tante Mevie. Aji mumpung, kapan lagi kita bisa menikmati makanan khas Indonesia disini? :)

Disana, kita juga ketemu dengan keluarga Om Iwan dan Tante Hany, bersama Hanan dan Haifa, yang datang bersama dengan Om Anto. Kita juga ketemu dengan keluarga Om Pambudi dan Tante Dini, lengkap dengan para pasukannya, Ilma, Nadia dan Adrian. Kita juga ketemu dengan Om Judhi yang, seperti biasa, berkeliling dengan senjata utamanya, apalagi kalau bukan kameranya. Di tempat yang terpisah, kita juga ketemu dengan Tante Ami, bersama Aily dan Algo. Terakhir, kita juga ketemu dengan Om Emir Faisal, dan akhirnya kita pun keluar meninggalkan KBRI bersama Om Emir.

Dari KBRI, kita masih jalan-jalan sebentar ke Orchard (Specialist Shopping Centre) sebelum pulang ke rumah. Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Suntec City

Malamnya, kita sekeluarga pergi ke Suntec City. Kebetulan istri ada keperluan untuk berbelanja disana, jadi sambil menunggu istri berbelanja, saya membawa Inka dan Irza untuk makan malam di restoran Swensens yang terletak di lantai basement Suntec City, dekat dengan Fountain of Wealth. Disana, Inka makan fish and chips kesukaannya, sedangkan Irza memilih waffle ice cream. Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Setelah makan, kita menyempatkan diri untuk mampir ke Fountain of Wealth-nya. Disana, kita mengelilingi bagian tengah air mancur tersebut sebanyak tiga kali sambil menyentuh airnya, katanya bisa memberikan good luck. :) Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Ulang Tahun Irza

Liputan mengenai ulang tahun Irza hari Sabtu (26 Agustus 2006) kemarin, menyusul yah di postingan berikutnya. Untuk sementara, silahkan lihat aja foto-fotonya dulu disini, disini (terima kasih Om Judhi) dan disini (terima kasih Tante Hany). Videonya juga menyusul, baru sempet upload Part 1-nya ke YouTube, Part 2-nya belum. :)

Stay tuned! :) :)

4 comments:

coni said...

Happy Belated birthday ya.... God bless ya Irza :)

Iwok said...

Waaaa ... jalan2 terus nih. asyik bener. di Sg banyak tempat yg bisa dikunjungi sih ya?

Eh Happy Birthday buat Irza ya? Pasti pestanya rame

IndraPr said...

Terima kasih Tante Coni. Mohon maaf liputan lengkap-nya belum sempat di-posting.

Iya nih Kang Iwok, sebenarnya di pulau kecil ini banyak juga tempat yang bisa dikunjungi. Asal tau aja musti kemana. :)

Terima kasih juga atas ucapan Happy Birthday-nya.

liburan singapore said...

jadi tahu banyak info tentang kbri
thanks alot