Tuesday, August 01, 2006

Singapore Art Museum dan Small Birthday Party

Masih di hari yang sama setelah kita menghadiri acara Fun Day dan Open House-nya BTPS, saya membawa Irza jalan-jalan ke daerah Bras Basah. Tujuan utama kita adalah gedung NTUC Income, untuk mengambil hadiah ulang tahun yang disediakan oleh NTUC Income kepada semua pelanggannya yang berulang tahun. Lumayan, salah satu hadiahnya adalah sebuah buku kecil yang berisikan permainan sudoku, untuk mengisi waktu luang sewaktu menunggu atau di perjalanan bus atau MRT. :)

Tepat di sebelahnya gedung NTUC, ada Singapore Art Museum. Setelah membaca pengalaman Yosi yang juga pernah membawa anak-anaknya jalan-jalan ke museum, akhirnya saya memutuskan membawa Irza jalan-jalan kesana. Pikir-pikir, seumur-umur tinggal di Singapura, belum pernah kayaknya kita mengunjungi museum, hahaha. :)

Singapore Art Museum ini menggunakan bangunan lama St. Joseph's Institution yang kemudian direnovasi. Sebenarnya ada tiket masuk yang harus dibayar untuk memasuki museum itu ($3 dewasa dan $1.50 anak), tapi entah kenapa, pada waktu itu kita boleh masuk tanpa bayar. Ada beberapa galeri yang terletak di lantai satu dan lantai dua gedung itu, dan ada beberapa galeri lain yang terletak di sayap gedung sebelah kiri dan kanan.

Saya sendiri kurang setuju kalau ini dibilang museum. Lha wong isinya kebanyakan lukisan-lukisan yang dibuat orang-orang masa kini. Ada juga galeri khusus per-negara, seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Cina, yang menampilkan lukisan-lukisan hasil karya pelukis dari negara yang bersangkutan. Sayangnya, kita tidak diperbolehkan untuk mengambil foto di dalam galeri, jadi cuma bisa ambil foto di dalam lobby museum serta di pelataran museum. Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Setelah dari museum, saya dan Irza mampir sebentar ke Parco Bugis Junction untuk menikmati waktu minum teh di Delifrance. Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Nah, pada hari Sabtu itu, istri saya udah ngasih tau ke anak-anak kalau besoknya (Minggu, 23 Juli 2006) saya ulang tahun. Tapi kita kan memang tidak ada rencana untuk merayakan ulang tahun tersebut, jadi pada hari Minggu itu kita ya jalan-jalan aja seperti biasa. Setelah hari Minggu itu selesai, baru anak-anak merasa kecewa dan "mengeluh", katanya birthday-nya ngga seru. Lah, ngga seru gimana, saya dan istri saya tanya. :) Ternyata anak-anak itu berharap pas acara birthday-nya itu harus ada perayaan, dengan kue ulang tahun dan acara tiup lilin. Walah! :)

Akhirnya, saya dan istri berjanji untuk mengadakan acara perayaan ulang tahun kecil-kecilan besoknya (Senin, 24 Juli 2006). Yah, tidak apa-apa kan terlambat sehari daripada tidak dirayakan sama sekali, bagaimanapun kebahagiaan anak-anak itu tetap diatas segalanya.

Jadi, besoknya, sepulang kantor saya langsung ke West Mall di Bukit Batok, untuk membeli ice cream cake dari Swensen's. Tidak lupa saya minta beberapa potong lilin dari staff Swensen's. Sesampainya di rumah, kita menyiapkan meja kecil untuk tempat menyimpan kue, dengan lilin yang dinyalakan dan bunga es di dalam mangkok yang diisi air untuk dekorasi asapnya. :) Jadilah kita merayakan ulang tahun bersama-sama, dan walaupun hanya kecil-kecilan (anak-anakpun tidak sempat ganti baju yang bagus), namun betapa bahagianya saya melihat wajah anak-anak yang kelihatan senang dengan bola mata yang cerah, ikut meniup lilin dan membantu memotong kuenya.

Sejak saat itu, saya berjanji untuk selalu merayakan ulang tahun saya dan istri (kalau anak-anak mah udah pasti dong!), walaupun hanya kecil-kecilan. Sekecil apapun yang namanya perayaan ulang tahun, tetap memberikan makna besar bagi kebahagiaan anak-anak kita.

Foto-fotonya bisa dilihat disini.

[English and Lipogram version]

5 comments:

Wati said...

happy belated birthday! :)

Jeng Ungu said...

happy belated birthday!!!

mao hadiah apa Pak?? garam?? kekekeek

Anonymous said...

Wati, Yulie, terima kasih. Ditunggu kadonya. :) Jangan garam ya Yul, udah banyak disini. :P :P

Anonymous said...

bener-bener happy belated birthday yah pak! :DDDD

Anonymous said...

Dhona: hahaha.. udah lewaaat... in any case, thanks! :)

Ditunggu kadonya (ini mah ngga ada istilah basi yah...) :D :D