Tuesday, February 28, 2006

Migrasi dari Doneeh ke Oggix

Selama ini, saya cuma nemu dua penyedia jasa replyable shoutbox yang bagus, dan dua-duanya ternyata bikinan orang Indonesia *bangga*. Yang satu adalah Doneeh, yang saya pake dulu, dan yang satu lagi adalah Oggix, yang saya pake sekarang.

Doneeh adalah penyedia jasa shoutbox pertama yang saya pake. Pemakaiannya cukup mudah, control panel-nya juga user friendly, memudahkan saya untuk membalas setiap comment yang masuk. Kelemahannya, entah kenapa, customisation-nya ndak jalan. Jadi saya ndak bisa merubah font atau warna dari shoutbox-nya. Udah dicoba beberapa kali, dan tetep gagal. :(

Saya tanya teman saya JefRi, yang juga kebetulan pake Doneeh tapi tidak mengalami problem yang sama dengan saya (saya liat shoutbox-nya dia bisa warna-warni). Dia bilang kalau dia punya account di Doneeh udah lama, cuma memang baru dipake sekarang. Dan problem yang saya punya ini kayaknya dialami juga oleh rekan-rekan lain yang juga punya account baru di Doneeh. Jadi kayaknya problem ini cuma dialami oleh pemegang account baru, bukan account lama. :(

JefRi menyarankan saya untuk menggunakan Oggix. Saya memang dari dulu udah memikirkan untuk mencoba Oggix, sejak saya melihat Teh Inong juga menggunakan Oggix di blog-nya, dan memang kelihatan bagus sekali.

Tetapi ketika saya mencoba mendaftar di Oggix, saya juga sempat mengalami problem! Entah kenapa, saya tidak pernah menerima e-mail konfirmasi dari server Oggix setelah saya register. Saya udah coba beberapa e-mail account, hasilnya sama. Untungnya, pada suatu hari "keberuntungan", saya coba register lagi pake account GMail saya, dan alhamdulillah ternyata bisa. :) Mungkin sysadmin-nya udah ngebenerin program sendmail di servernya? :)

Control panel-nya Oggix terasa lebih mudah digunakan dibandingkan Doneeh. Dan satu lagi kelebihannya, adalah support Avatar, gambar kecil yang bisa muncul disamping komentar yang di-posting.

Dan voila, hasilnya adalah seksi "Komentar" yang bisa Anda lihat di sebelah kanan ini, kotak shoutbox yang lucu dan berwarna-warni, yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan pesan atau komentar untuk saya. Selamat mencoba!! :)

Versi Bahasa Inggris dari artikel ini bisa dilihat disini.

No comments: