Thursday, July 20, 2006

Bukit Batok West Shopping Centre

Hari Sabtu kemarin (15 Juli 2006), saya pergi bersama Inka dan Irza ke Bukit Batok West Shopping Centre untuk sarapan pagi di restoran McDonalds yang terletak di kompleks perbelanjaan itu. Sebenarnya Bukit Batok West ini bukan sebuah pusat perbelanjaan, tapi sebuah kompleks gedung-gedung HDB (perumnas-nya Singapura) yang dilengkapi dengan toko-toko, pasar "basah" (wet market) dan pusat makan (hawker centre). Pokoknya bener-bener daerah heartlander, beda dengan banyak pusat perbelanjaan yang mewah di seputar Orchard.

Kompleks perbelanjaan ini terletak di sekitar Bukit Batok West, dekat persimpangan antara Bukit Batok West Avenue 6 dan Bukit Batok Street 11. Restoran McDonalds-nya sendiri terletak di blok 152, menghadap jalan West Ave 6. Disitu juga banyak berjejer toko-toko yang menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari, dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di mall-mall. Jadi tidak heran kalau kebanyakan orang Singapura kelas menengah ke bawah suka berbelanja di tempat seperti ini. Juga ada sebuah tempat pusat makan yang terletak di blok 155, menyajikan menu-menu khas Singapura. Tempatnya penuh dengan orang-orang pagi itu, walaupun sedang hujan.

Di McDonalds, Inka memesan hotcakes sedangkan Irza memesan big breakfast favoritnya. Saya menggunakan kupon yang saya dapatkan dari koran Strait Times, jadi kita bisa dapet satu menu breakfast gratis untuk setiap menu breakfast meal yang kita pesan. Lumayan.. :) Yah, demikianlah salah satu cara buat kita-kita yang di Singapura bisa menghemat... (kiasu tea euy... hahaha). Setelah selesai sarapan, kita pergi ke playground yang berada dekat food court, di sebelah blok 164. Inka dan Irza pun bermain disana dengan gembira. Foto-fotonya bisa dilihat disini.

Seperti yang Pak Nur telah bahas di blog-nya (BTW, Pak Nur sekarang kemana ya, kok blog-nya udah ngga pernah di-update? Masih hiatus, atau sudah retired?), sangat mudah sekali menemukan playground di hampir setiap sudut heartlands-nya Singapura. Playground ada di hampir setiap sudut kompleks perumahan HDB, dan pasti ada di setiap kompleks apartemen dan kondo. Ini adalah salah satu usaha pemerintah Singapura untuk memberikan fasilitas gratis bagi generasi muda untuk bermain dan belajar. Kapan ya, pemerintah Indonesia juga akan melakukan hal yang sama? :)

[English version]

5 comments:

Devi Girsang, MD said...

ada kok di McD sarinah (meskipun ga lengkap), KFC&Wendy's Kemang (yg kyknya paling gede dr smua outletnya, di McD kelapa gading jg ada. tp memang tdk ada playground yg benar2 gratis di public places. toh public park kyk monas juga uda dipagarin rapi. susah sih, polusi kendaraannya belom dibenahin. kan kasian anak2nya nanti sesak nafas klo maen di public places outdoor gtu..

Anonymous said...

kapan yah? (nunggu saya jadi presiden kali Bang, hihihi)

Anonymous said...

i grew up in this place! my grandmother lives across the road and we used to have breakfast there every weekend.

honestly though, the playgrounds in Singapore used to be much more than the ones they have now. probably due to safety issues, they've changed from sand to rubber carpeting, and swings are a rare sight. how unfortunate. :(

Anonymous said...

*much more fun than the ones they have now.

sorry yah...

Anonymous said...

Devi: iya di restoran seperti itu kan istilahnya "swasta" yang nyediain, itupun ada maksud terselubungnya, biar orang2 pada mau datang ke restoran itu. :)

Fa: ditunggu deh kiprahnya Fanya jadi presiden... *kapan ya* :) :)

Fiza: Those playgrounds at public parks are usually still based on sands. For me (and for the kids, as well), we actually prefer rubber since it's not as filthy as the sands...