Thursday, October 11, 2007

Kastengel ala Indra and Irza

Dari "ngidam", akhirnya bikin sendiri...

Dimulai dari wish list saya yang entah kenapa tiba-tiba kepengen kastengel dan putri salju, sampai Linda nuduh saya lagi "ngidam" (maklum puasa) :) , istri akhirnya mau membuatkan kastengel untuk saya, walaupun beliau sempet protes karena saya tinggal tidur setelah kastengelnya saya makan (maklum lagi capek berat). :) Namun, karena bikin kastengelnya memang terbatas, tentu saja kue kering yang amat sangat enak itu *halah* cepet habis dalam dua hari. :P Padahal, pulang mudik baru hari Jum'at besok. :) :)

Tidak mau merepotkan istri lagi, dan mengingat saya udah sempet ngeliatin waktu istri bikin waktu itu, akhirnya saya memutuskan untuk bikin sendiri. Istri membantu menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan. Irza diperbantukan untuk ikut membantu ngulek adonan, ngolesin telur kuning, naburin keju dan nyetak adonan. :)

Bikinnya ternyata cukup mudah, istri yang ngasih resepnya. 250 gram mentega (terdiri dari 200 gram margarin dan 50 gram butter) dan 2 kuning telur di-mix sampai rata, baru sedikit demi sedikit masukkan terigu (total 350 gram) dan keju parut (total sekitar 200 gram) dan diaduk manual sampai rata (ngga bisa pake mixer, jadi tangan agak pegel, untung ada Irza yang ikut bantuin ngaduk-ngaduk).

Adonan kemudian digiling biar tipis-tipis, olesin dengan kuning telur pake kuas, terus taburin sisa keju parut terus cetak pake cetakan khusus yang udah disiapkan. Taro di loyang, terus panggang di oven dengan suhu 170 derajat sekitar 20-30 menit.

Karena saya nyetak adonannya lebih tipis dibandingkan istri saya kemarin, hasilnya ternyata kastengelnya lebih "crispy" dan lebih gurih (boleh dong muji hasil karya sendiri *narsis mode=on*) dibandingkan hasil bikinan istri saya. Dan, karena versi "tipker" (tipis kering) ini, dengan jumlah adonan yang sama, saya bisa menghasilkan dua toples kastengel, sementara istri kemarin cuma menghasilkan satu toples lebih dikit.

Ah, ternyata bisa juga yah bikin kastengel. Saya sendiri ngga nyangka. Ngga kalah dong sama Aa Duddy yang terkenal dengan martabak manis ala Mang Doedi-nya... :) :)

Foto-foto lainnya bisa dilihat disini.

3 comments:

Devi said...

Om Indra!!! Bagi donk kastengelnya!! ahh jadi laper nih...

oiya, ga lupa mao ngucapin juga:
Selamat Hari Raya Idul Fitri :)

Wati said...

mau doong.... setoples aja deh! ;)

mariya01 said...

I’m really glad I have found this information. Nowadays bloggers publish just about gossips and web and this is really frustrating. A good blog with exciting content, that is what I need. Thank you for keeping this site, I will be visiting it. Do you do newsletters? Can’t find it.
Rolex Cell phones